Kali Lamong meluap di awal Tahun

Memasuki Tahun 2020, Kali Lamong meluap, Dusun Banjaragung, Desa Banjaragung, Kec. Balongpanggang, Kab. Gresik adalah yang pertama kali tergenang air Luapan Kali Lamong.

Beberapa desa Di Wilayah Kec. Balongpanggang pada malam pergantian Tahun, terdampak Luapan Kali Lamong. Tercatat ada 6 Desa yang pada malam itu tergenang Banjir Luapan Kali Lamong

Tim BPBD Kab. Gresik segera menuju Lokasi Desa yang terdampak Banjir, untuk melakukan Pendataan dan memberikan Bantuan Langsung kepada Warga terdampak.

Menjelang Siang Hari, Luapan Kali Lamong mulai menggenangi Jalan Raya Benjeng, yang mengakibatkan arus Lalu Lintas Kendayaan yang melintas Jalan ini menjadi tersendat.

Menjelang Sore hari, Genangan di wilayah Kecamatan Balongpanggang mulai surut, sebaliknya, genangan air di wilayah Kecamatan Benjeng mengalami peningkatan dan air Luapan Kali Lamong mulai menggenangi wilayah Kecamatan Cerme.

Pada malam hari, Genangan air di Jalan Raya, Jalan Lingkungan dan Pemukiman warga di wilayah Kecamatan Benjeng surut, tetapi air masih menggenangi Persawahan. Seiring dengan surutnya genangan di wilayah Benjeng, wilayah Kecamatan Cerme mulai tergenang air.

Pada Banjir kali ini, 37 Desa di 5 Kecamatan terdampak Banjir, yaitu Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, Cerme, Menganti dan Kedamean. Selain itu memberikan bantuan kepada korban banjir, BPBD Gresik juga memberikan bantuan Karung Plastik kepada Desa, untuk perbaikan tanggul yang jebol atau kiritis.

Leave a Reply