Puting Beliung melanda Desa Gadingwatu

Jum’at Sore, tanggal 03 Januari 2020, disaat Tim BPBD Gresik sedang fokus penanganan Banjir di wilayah Kecamatan Cerme, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Gresik menyampaikan bahwa di Dusun Peniron Kulon, Desa Gadingwatu, Kec. Menganti, telah terjadi Angin Puting Beliung.

Sesegera mungkin, Tim BPBD Gresik menuju Lokasi Kejadian untuk melakukan Kaji Cepat dan Berkoordinasi dengan Perangkat Desa Setempat. Di Lokasi, Tim bertemu dengan Camat Menganti, dan Danramil Menganti yang sudah terlebih dahulu tiba di Lokasi Kejadian.

Puting Beliung yang terjadi sore itu, mengakibatkan 20 rumah dan 1 Masjid mengalami rusak ringan. Sebagian besar kerusakan terjadi pada bagian atap, yang diterbangkan angin puting beliung.

Kejadian bermula pada saat sebagian besar wilayah Menganti diselimuti Mendung tebal. Tiba-tiba dari arah barat muncul angin puting beliung, bergerak ke timur. Begitu tiba di tengah perkampungan, tiba-tiba angin bergerak ke utara. Saat bergerak ke utara inilah, puluhan rumah terdampak puting beliung. Sebagian atap rumah diterbangkan angin. Kejadian sore itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Segera setelah melakukan Pendataan dan Koordinasi dengan Kepala Desa Gadingwatu, Tim BPBD Gresik langsung memberikan bantuan kepada Korban. Pemberian Bantuan yang dilakukan di Balai Desa Gadingwatu ini disaksikan oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa Gadingwatu. Bantuan secara simbolis diserahkan kepada perwakilan Korban Puting Beliung.

Leave a Reply