Pelatihan Penanggulangan Bencana SER-NU

Gresiknews.co – Sebanyak 80 kader Nahdlatul Ulama (NU) yang tergabung dalam Social Emergency Response (SER) NU Kabupaten Gresik ikuti Pendidikan & Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana di Bumi Perkemahan (Bumper) Sunan Kalijaga, Sidayu.

Kegiatan tersebut digelar mulai 24-26 Februari 2016 dibuka oleh Abu Hasan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik.

“Saya senang kalau ada kelompok masyarakat yang peduli terhadap penanganan bencana, sehingga kedepannya akan banyak masyarakat yang siap menghadapi bencana,” kata Abu Hasan dihadapan puluhan peserta, Jum’at (24/2) malam.

Gresik, lanjut Abu Hasan, termasuk dalam 4 kabupaten yang diundang Nasional untuk sharing pengalaman, “Tahun 2015 Gresik terpilih sebagai kabupaten yang tanggap terhadap penanggulangan bencana,” lanjutnya.

Menurut Muhammad Chubab, ketua panitia, mengatakan bahwa ini merupakan kegiatan kedua, setelah bulan Desember lalu, “Tujuannya memberikan wawasan pengetahuan menggenai standar penanggulangan bencana kepada para kader NU,” terang Chubab kepada Gresiknews.co.

Beberapa materi dasar yang diberikan kepeserta diantaranya, manajemen dapur umum, kekompakan tim anggota, manajemen posko bencana dan teknik evakuasi.

Hadir juga Kiai Mahfudz Ma’sum, sesepuh NU Gresik, mengaku merasa bangga terhadap teman-teman yang mau meluangkan waktu untuk untuk membantu masyarakat, “Tugas sebagai hamba Allah adalah saling tolong menolong. Siapapun orang yang bisa memberi pertolongan orang yang kesusahan. Kelak, orang itu akan ditolong Allah di akhirat. Semoga kita termasuk orang-orang yang ditolong baik di dunia maupun di akhirat,” doanya. (Didik Hendri/Khanif/m1)

Leave a Reply